Perempuan Dalam Dominasi Maskulin: Studi Pola Relasi Mahasiswa Perempuan Dengan Dosen dan Mahasiswa Laki-Laki

Main Article Content

Puput Rusmawati
Jendrius Jendrius
Maihasni Maihasni

Abstract

This study revealed the relationship patterns of female students with male lecturers and students who were in the Department of Sports Coaching Education, Faculty of Sport Science, Padang State University. The analysis in this study used the Structural Theory from Anthony Giddens. Furthermore, this study used a qualitative approach with the aim of gaining an understanding of the relationship patterns of female students with male lecturers and students in the Department of Sports Coaching Education, Faculty of Sport Science, Padang State University, while the type of research used was descriptive. Data collection was carried out in this study by means of in-depth interviews. The results showed that the pattern of relations between female students and lecturers during classroom learning seemed balanced, as well as the pattern of relationships on campus and off campus. However, the relationship pattern between female students and their supervisors seems unbalanced because female students have a burden and feel intimidated every time they carry out the thesis guidance process. Meanwhile, the pattern of relations between female students and male students during the learning process in the classroom seemed unbalanced. However, for the pattern of relations on campus and outside the campus, the pattern of relations seems to be well established and balanced. It could be said that there are constraining factors (inhibiting) and enabling factors (supporting) that affect the relationship patterns of female students with lecturers and male students.


 


Penelitian ini mengungkap pola relasi mahasiswa perempuan dengan dosen dan mahasiswa laki-laki yang berada di Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Analisis pola relasi mahasiswa perempuan dengan dosen dilihat pada saat proses pembelajaan baik itu di kelas atau di luar kelas, selanjutnya pola relasi antara mahasiswa perempuan dengan dosen dilihat ketika berada di lingkungan kampus dan juga di luar kampus. Selain pola relasi dengan dosen, tak luput peneliti juga menganalisis bagaimana pola relasi antara mahasiswa perempuan dengan mahasiswa laki-laki yang dilihat pada saat proses pembelajaan baik di dalam atau di luar kelas, ketika berada di lingkungan kampus atau di luar kampus.


Analisis pada penelitian ini menggunakan Teori Strukturasi dari Anthony Giddens. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan agar didapatkan pemahaman tentang pola relasi mahasiswa perempuan dengan dosen dan mahasiswa laki-laki di Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang, sedangkan tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada penelitian ini dengan cara wawancara mendalam.


Hasil penelitian menunjukan bahwa pola relasi mahasiswa perempuan dengan dosen tampak jelas dengan menunjukan bahwa secara tidak langsung dosen menuntut mahasiswa perempuan untuk memahami perbedaan dan kondisi-kondisi tertentu meskipun hal itu dianggap negatif dan menambah tekanan mental kepada mahasiswa perempuan. Meskipun begitu mahasiswa perempuan berhasil membebaskan diri (enabling) dari kondisi tertentu yang akan merugikan mereka. Sedangkan pola relasi mahasiswa perempuan dengan mahasiswa laki-laki terdapat beberapa tekanan yang dialami oleh mahasiswa perempuan tetapi mahasiswa perempuan lagi-lagi berhasil membebaskan diri (enabling) dari kondisi tersebut dengan melakukan kerjasama dengan mahasiswa laki-laki.


 

Article Details

How to Cite
Rusmawati, P., Jendrius, J., & Maihasni, M. (2023). Perempuan Dalam Dominasi Maskulin: Studi Pola Relasi Mahasiswa Perempuan Dengan Dosen dan Mahasiswa Laki-Laki. Jurnal Sosiologi Andalas, 9(1), 78-94. https://doi.org/10.25077/jsa.9.1.63-78.2023
Section
Articles

References

Gunadi, Dwi. 2019. Posisi Gender Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dengan Pengaruh Budaya Pada Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Surakarta. Proceedings Of The National Seminar On Women's Gait In Sports Towards A Healthy Lifestyle: Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. pp 1-8.
Hovden, Jorid & Gertrud Pfister. 2006. Gender, Power and Sports. Nordic Journal of Women’s Studies, 14 (1). pp 4–11.
Jenab, Siti. 2017. Autonomi Perempuan dalam Dunia Maskulin (Analisis Feminisme Liberal Terhadap Film Dangal). Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 2 (1). pp 22-31.
Messner, Michael A. 2007. Out of Play: Critical Essays on Gender and Sport. American Journal of Play. Albany: State University of New York, 1 (3). pp 382-384.
Nawangwulan, Azzahra, dkk. 2019. Analisis: Bias Gender Pada Masyarakat Indonesia. http://pendidikan-sosiologi.fis.uny.ac.id/berita/analisis-bias-gender-pada-masyarakat-indonesia.html (Accessed October 19 2020).
Nurdiani, Nina. 2014. Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian Lapangan. Journal ComTech, 5 (2). pp 1110-1118.
Pramono, Wahyu, Jendrius dan Zeni Eka Putri. 2020. Pola Relasi Gender Dan Ketangguhan Masayarakat Suatu Kajian Gender Dalam Umkm Di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. Jurnal Sosiologi Andalas, V 6 (2). pp 37-51.
Sari, Suci Kurnia. 2020. Partisipasi Perempuan Di Legislatif: Studi Kasus DPRD Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Sosiologi Andalas, 6 (2). pp 1-9.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhanini, B. 2014. Perempuan Dalam Olahraga. Proceeding Program Studi Ilmu Keolahragaan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. pp 120-129.
Skrubbeltrang, Lotte Stausgaard. 2018. Marginalized Gender, Marginalized Sports – An Ethnographic Study of Sportsclass Students’ Future Aspirations In Elite Sports. Denmark: Health Science and technology Aalborg University.
Theberge, Nancy. 2000. Gender and Sport. London: SAGE Publications
Wahid, Masykur. 2016. Islam dan Dominasi Maskulin Global: Menimbang Kampus Aman Bagi Perempuan dan Anak di Banten. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3 (1). pp 61-81.